Artikel

Hari Maritim Nasional

  21 Aug 2014   463

Momentum


 

Selamat Hari Maritim Nasional, Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia!

hari ini tanggal 21 Agustus - mungkin banyak yang belum tahu - adalah hari maritim nasional. Peringatan hari maritim ini sepertinya kalah oleh perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Padahal maritim nasional merupakan bagian dari sejarah bangsa ini.

Masa keemasan maritim nusantara diawali sejak awal abad 9 Masehi dan ini sudah diakui oleh bangsa-bangsa lain. Dengan peralatan seadanya mereka melaut ke berbagai penjuru mata angin. Menyebarangi laut Indonesia hingga berlabuh di Pulau Madagascar sampai ke Pulau Paskah yang berjarak ribuan mil.

Dan puncaknya saat era Kerajaan Majapahit abad 12-14 M dibawah Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada yang berhasil menyatukan nusantara dengan Sumpah Palapa-nya ""Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".

Sejarah sudah membuktikan. Wilayah di nusantara sangat disegani bangsa lain yang menciptakan bahwa maritim merupakan bagian dari budaya, ekonomi, politik dan sosial wilayah ini. Dan Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit pernah menjadi kiblat di bidang maritim, kebudayaan dan agama di wilayah Asia.

Berkaca dari masa lalu, jelas terlihat bahwa kejayaan masa kerajaan diperoleh karena mengoptimalkan potensi laut sebagai sarana dalam suksesnya perekonomian dan ketahanan politik suatu negara. Maka dari itu, sudah seharusnya Indonesia mulai secara tegas mengembangkan potensi laut yang dimilikinya.

Sekali lagi, Selamat Hari Maritim Nasional. Seperti semboyan TNI Angkatan Laut mari kita teriakkan "Jalesveva Jayamahe!"

Di lautan Kita Jaya!

 

Maritim Indonesia