Artikel

HARI PALANG MERAH INDONESIA

  17 Sep 2015   401

Momentum


Hai Dipo Muda!! Pada tau nggak tanggal 17 September itu ada ulang tahunnya siapa? Yaps, Logo PMIbenar sekali. Palang Merah Indonesia atau yang sering kita singkat PMI berulang tahun yang ke-70 tahun, tepat sebulan setelah ulang tahunnya negeri tercinta kita ini. Oke, sekarang lebih baik kita tengok sedikit sejarah terbentuknya Palang Merah Indonesia.

Palang Merah Indonesia atau yang sering kita sebut PMI merupakan salah satu organisasi kemanusiaan yang ada di Indonesia. PMI pertama kali didirikan pada tanggal 21 Oktober 1873 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan nama Het Nederland-Indiche Rode Kruis (NIRK) yang kemudian namannya menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (NERKAI). Kemudian pada tahun 1932 timbul semangat untuk mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) yang dipelopori oleh dr. RCL. Senduk dan Bahder Djohan.  Kemudian, proposal pendirian diajukan pada kongres NERKAI (1940), namun ditolak. Pada saat penjajahan Jepang, proposal itu kembali diajukan, namun tetap ditolak. Pada 3 September 1945 Presiden Soekarno memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo untuk membentuk suatu Badan Palang Merah Nasional untuk menunjukan kepada dunia internasional bahwa keberadaan Negara Indonesia adalah suatu fakta nyata setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Pada 5 September 1945, dr. buntaran membentuk Panitia Lima yang terdiri dari dr. R. Mochtar, dr. Bahder Johan, dr. Joehana, Dr. Marjuki dan dr. Sitanala, untuk mempersiapkan pembentukan Palang merah di Indonesia. Tepat pada tanggal 17 September 1945 terbentuklah Pengurus Besar Palang Merah Indonesia (PMI) dengan ketua pertama, Drs. Mohammad Hatta. Dan sampai saat ini, PMI telah berdiri di 33 Provinsi, 371 Kabupaten/Kota dan 2.654 Kecamatan (data per-Maret 2010). PMI memiliki hampir 1,5 juta sukarelawan yang siap melakukan pelayanan. Itulah sedikit sejarah tentang PMI.

Pada tahun ini, PMI merayakan ulang tahunnya dengan mengadakan kegiatan Pameran 70 Tahun PMI yang berlangsung selama seminggu dari 10 s.d. 17 September 2015. Disajikan foto-foto dan benda bersejarah yang menggambarkan perkembangan PMI dari masa pendiriannya (1945) hingga saat ini (2015). Pameran ini ditata selayaknya lorong waktu, dimulai masa awal yaitu masa pendirian yang merupakan masa paling monumental yaitu 1945 s.d. 1950, kemudian masa perkembangan 1951-1970 dan selanjutnya masa pengabdian dan kemajuan hingga tahun 2015.

Dan demi memeriahkan serta menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke pameran, maka perlu diadakan kegiatan pendukung yang berlangsung selama 7 hari. Dan ada juga tujuan dari kegiatan ini, yaitu:

  1. Memperingati 70 tahun PMI melaui kegiatan pameran dan kegiatan pendukung lainnya.
  2. Mendatangkan sekurang-kurangnya 3000 pengujung selama pameran berlangsung.
  3. Pengunjung pameran mengetahui sejarah pendirian PMI, perkembangan, dan kegiatannya di masa sekarang.
  4. Pengunjung pameran terinspirasi untuk membantu PMI sesuai kapasitasnya masing-masing. 

 

Sumber: http://www.pmi.or.id/

Oleh: Tim Jurnalis - Nabilla