Artikel

INFOTECH : 5 Negara Dengan Jaringan 5G Tercepat

  22 Sep 2020   173

Teknologi


[Infotech : 5 Negara dengan Jaringan 5G Tercepat]

Perusahaan riset jaringan mobile Open Signal merilis hasil penelitian terbaru tentang 5 negara teratas di dunia yang memiliki kecepatan unduh 5G tertinggi.
Laporan tersebut mengungkapkan hasil analisis pengalaman pengguna 5G terhadap seluruh operator seluler di berbagai negara, termasuk di wilayah di Asia (tidak termasuk China), Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara. 

Untuk selengkapnya, bisa cek 
infografis dibawah ini ya!

1. Arab Saudi

Layanan 5G komersial sudah hadir di Arab Saudi sejak Juni 2019 lewat operator seluler STC Group yang menggelarnya untuk kali pertama di sejumlah kota. Rata-rata kecepatan unduh 5G di negara ini mencapai 414,2 Mbps.


2. Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara pertama di dunia yang membuka layanan seluler 5G. Pada 3 April 2019. Ketika itu, tiga operator seluler, yakni SK Telecom Co., KT Corp., dan LG Uplus Corp meresmikan jaringan 5G masing-masing di sejumlah kota. Negeri Ginseng berada di urutan kedua soal kecepatan unduh 5G, dengan angka rata-rata 312,7 Mbps atau 5,3 kali lebih kencang dibanding 4G.

3. Australia

Meskipun komersialisasi 5G di Australia dimulai pada 2019, saat ini baru 10 kota yang mendapat jaringan tersebut, termasuk Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, Canberra, dan Gold Coast. Rata-rata kecepatan unduh 5G di Australia adalah 215,7 Mbps

4. Taiwan

Komersialisasi 5G di Taiwan terhitung masih muda, baru dimulai beberapa bulan terakhir. Operator seluler Far EasTone (FET) meluncurkan layanan 5G komersil pada Juli 2020 di sejumlah kota. Rata-rata kecepatan unduh 5G di Taiwan mencapai 210,2 Mbps.

5. Kanada

Tak berbeda jauh dengan Taiwan, 5G di Kanada baru berumur beberapa bulan. 5G baru dikomersialkan pada tahun ini. Dalam hal kecepatan pengunduhan rata-rata keseluruhan, jaringan 5G Kanada mencatat angka 178,1 Mbps.

Berikut ini adalah grafik rata-rata kecepatan download yang dimiliki oleh jaringan internet 5G