Artikel

INFOTECH : GALAXY UNPACKED

  16 Aug 2021   66

Teknologi


Hi Informatics!
Pada Infotech kali ini, kita akan membahas tentang empat produk terbaru yang dirilis di Samsung Galaxy Unpacked 2021.
Samsung kembali menggelar perhelatan “Galaxy Unpacked 2021” yang digelar pada 11 Agustus 2021. Peluncuran produk-produk baru Samsung ini dilangsungkan secara virtual dari YouTube dan laman resmi Samsung. Tidak tanggung-tanggung, Samsung merilis 4 produk terbaru, yaitu Galaxy Z Fold3 5G, Z Flip3 5G, Galaxy Watch4, dan Galaxy Buds 2. 
Berikut spesifikasi yang ditawarkan oleh empat anggota ekosistem terbaru Samsung ini.

Setelah lama ditunggu kehadirannya, kini Samsung akhirnya telah mengumumkan smartphone lipat baru besutannya yaitu Galaxy Z Fold3. Smartphone lipat generasi ketiga buatan Samsung ini menghadirkan sejumlah peningkatan besar mulai dari spesifikasi, fitur, ketahanan, dan tentunya harga. 
Smartphone ini dibekali layar Dynamic AMOLED 2X dengan layar utama berukuran 7,6 inci dan layar sekundernya 6,2 inch serta memiliki refresh rate 120Hz. Ini juga menjadi smartphone pertama Samsung yang menghadirkan teknologi Under Display Camera (UDC) dengan lensa 4MP di bawah layar fleksibel Galaxy Z Fold3 sehingga bisa digunakan untuk selfie.
Untuk dapur pacunya sendiri smartphone lipat ini hadir dengan Snapdragon 888 yang sudah mendukung 5G. Baterainya berkapasitas 4.400 mAh yang mendukung fast charging 25W dengan kabel dan 11W tanpa kabel. Smartphone tersebut kini juga mendukung penggunaan S Pen baru dan sudah mendapatkan rating IPX8 yang artinya bisa dimasukkan ke air tapi tak tahan debu. Samsung membanderol Galaxy Z Fold3 dengan harga mulai dari Rp24,999 juta untuk varian 12/256GB dan Rp26,999 juta untuk varian 12/512GB.

Produk terbaru selanjutnya yaitu, Galaxy Z Flip3. Perubahan paling mencolok dari Galaxy Z Flip3 ini yaitu desainnya tampil lebih minimalis dan juga sudah memiliki frame dengan bentuk lebih flat sehingga menghadirkan grip yang lebih bagus saat digunakan dengan satu tangan.  Galaxy Z Flip3 juga dibekali dengan layar 6,7 inci Dynamic AMOLED Full HD+ dengan refresh rate 120Hz yang dapat disesuaikan. . Kemudian layar cover di bagian depannya juga hadir dengan ukuran lebih besar yaitu 1,9 inci Super AMOLED 260 x 512 px.
Untuk dapur pacunya sendiri Samsung membekali smartphone lipat barunya ini dengan Snapdragon 888 yang dipadukan oleh RAM 8GB serta storage UFS 3.1 berkapasitas 128GB atau 256GB. Kapasitas baterainya sebesar 3.300 mAh yang memiliki dukungan fast charging 15W, lalu lapisan Gorilla Glass Victus di bagian luar, serta kehadiran sertifikasi IPX8 yang membuatnya tahan dari air. Samsung membanderol Galaxy Z Fold3 dengan harga Rp14.999 juta untuk varian 8/128GB dan Rp15.999 juta untuk varian 8/256GB.

Produk terbaru berikutnya yaitu, Galaxy Watch4 Series. Galaxy Watch4 Series hadir dengan chipset Exynos W920 yang merupakan chipset terbaru Samsung dengan fabrikasi 5nm. Chipset ini menghadirkan performa lebih tinggi dengan konsumsi daya lebih rendah berkat fabrikasinya yang lebih kecil. Samsung mengatakan bahwa Galaxy Watch4 Series besutannya ini hadir dengan beberapa fitur baru mulai dari sensor yang dapat mendeteksi PPG (volume dan aliran darah), lalu ECG (detak jantung), hingga BIA.

Tidak sampai disitu, Samsung kini sudah menggunakan sistem operasi One UI Watch berbasis WearOS Google sehingga Galaxy Watch4 Series akan memiliki banyak fitur baru hingga dukungan konektivitas ke perangkat Android. Kemudian fitur lain di smartwatch ini adalah hadirnya RAM 1,5GB, storage 16GB, baterai 361 mAh atau 247 mAh, serta dukungan Always-On Display. Galaxy Watch4 diketahui dibanderol dengan harga US$250 sementara untuk Galaxy Watch4 Classic dibanderol dengan harga US$350.

Produk terbaru yang terakhir yaitu, Galaxy Buds2. Galaxy Buds2 disebut sebagai perangkat TWS paling ringan yang ada sampai saat ini, dimana satu bud dari Galaxy Buds2 ini memiliki berat sebesar 5.0 gram saja. Hadir dengan warna matte, earbuds wireless terbaru Samsung ini juga hadir dengan teknologi Active Noise Cancellation (ANC) yang diklaim dapat menghilangkan suara bising hingga 98%.

Samsung juga sedang mengembangkan fitur Ambient Mode sehingga pengguna dapat mendengar suara lingkungan dengan jelas. Untuk baterainya sendiri, Galaxy Buds2 memiliki kapasitas baterai yang sama seperti Buds Pro yaitu sebesar 472 mAh (masing-masing buds memiliki kapasitas baterai 61 mAh). Galaxy Buds2 bakal dibanderol dengan harga US$150 dan Samsung juga menghadirkan promo dimana pembeli bisa mendapat Galaxy SmartTag dengan menambah US$5 saja.

-

Diketahui keempat produk terbaru Samsung tersebut akan tersedia dipasaran pada 27 Agustus 2021 mendatang. Apakah kalian tertarik untuk membelinya?

Sumber : INDOZONE