Artikel

INFOTECH : WINDOWS 11

  21 Jun 2021   105

Teknologi


Hi Informatics!

Pada Infotech bulan ini, kita akan membahas tentang kehadiran penerus sistem operasi (OS) Windows 10, yaitu Windows 11 yang konon sudah di depan mata.

Belakangan, bocoran tampilan antarmuka dari OS berkode nama "Sun Valley" tersebut mulai bermunculan di internet. Berdasarkan deretan gambar yang berasal dari situs web asal China Baidu, deretan ikon taskbar di Windows 11 tampak disusun tepat di tengah desktop, alih-alih rata di kiri seperti Windows 10.

Selain taskbar, menu Start Windows 11 juga tampak berbeda dan terlihat lebih segar dibanding Windows 10.

Jendela context menu (klik kanan), aplikasi, dan File Explorer pada Windows 11 juga konon bakal tampil beda lantaran mengusung desain membulat (rounded) di keempat ujungnya. 

Di samping itu, ada juga fitur manajemen jendela aplikasi yang tampak disematkan di tombol "Maximize" di tiap jendela. Fitur tersebut memungkinkan sebuah jendela aplikasi diatur sedemikian rupa agar posisinya bisa bersebelahan dengan jendela aplikasi lainnya, sehingga mempermudah kegiatan multitasking.

Belum diketahui apakah bocoran gambar tampilan desktop Windows 11 ini akurat atau tidak. Pihak Microsoft juga belum mengumbar desain penerus Windows 10 tersebut ke publik. Untuk Windows 11 sendiri rencananya akan diperkenalkan melalui acara "Microsoft Event" yang akan diselenggarakan pada 24 Juni mendatang, pukul 11 a.m EST atau sekitar pukul 22.00 WIB.

Sumber: Kompas.com