Artikel

Puasa Tapi Tetep Kuliah? Yuk Baca Tips Berikut

  27 Mei 2017   963

Momentum


 

Hallo Informatics! Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan, nah di bulan Ramadhan ini siklus dalam menjalani rutinitas tentunya berbeda bukan? Perbedaan itu pasti juga dirasakan oleh mahasiswa seperti kita yang harus masuk kuliah dan mengerjakan tugas-tugas dalam keadaan berpuasa. Apalagi, bila kita adalah mahasiswa perantauan yang jauh dari keluarga.

Perbedaan rutinitas ini tentunya tidak boleh menghalangi semangat kita saat kuliah bukan. Ingin tau bagaimana caranya agar tetap bersemangat selama puasa? Yuk baca tips dan trik berikut :

  1. Jangan bergadang
    Mahasiswa Informatika identik sebagai manusia yang menghabiskan malam dengan bergadang, maka selama Ramadan hindarilah aktivitas tidur yang terlampau larut. Jika tidak ada hal lain yang dikerjakan setelah salat tarawih dan membaca Alquran, maka sebaiknya segera tidur untuk mempersiapkan diri sahur keesokan pagi.
  2. Sahur tepat waktu
    Pasanglah alarm untuk mengatur waktu sahur. Jangan sampai telat bangun sahur sehingga menyebabkan makan sahur terburu-buru.
  3. Konsumsi makanan sehat
    Selama bulan puasa, biasakan mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, selama menjalani ibadah puasa, badan bisa tetap bugar dan bisa tetap fit sampai waktu berbuka tiba.
  4. Jangan terlampau lelah
    Ketimbang beraktivitas tanpa tujuan atau berolahraga berlebihan, manfaatkan waktu untuk memperbanyak ibadah. Selain mendapatkan pahala, cara ini tidak membuat kita terlampau lelah. Jika badan terlalu letih, maka semangat pun menurun, termasuk untuk kuliah.
  5. Buka puasa dengan teman
    Agar puasa lebih asyik, buat janji dengan beberapa teman untuk berbuka puasa bersama. Dengan begitu kita akan lebih semangat kuliah karena ada kegiatan asyik menanti di penghujung hari.

Nah itu tadi adalah tips agar tetap semangat selama berpuasa.
Selamat menunaikan ibadah puasa!