Artikel

Road To Ecommerce By Midtrans

  22 Mar 2017   830

Momentum


Saat ini keberadaan Indonesia dibanding dengan negara lain lebih berpotensi dalam dunia digital. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan penggunaan internet sehari-hari masyarakat Indonesia. Keadaan ini tentu sangat mendukung perkembangan e-Commerce. Ada beberapa tipe e-Commerce, yakni :

  1. B2B (Business to business)
  2. B2C (Business to Costumer)
  3. C2C (Customer to Customer)
  4. C2B (Customer to Business)

Mengapa e-Commerce ? ada beberapa hal yang membuat e-Commerce lebih menguntungkan, antara lain :

  • Cost Reduction, dikarenakan tidak memerlukan kantor untuk beroperasi dapat dilakukan dalam industri rumahan bahkan bisa dilakukan di dalam kamar dengan koneksi internet.
  • Global reach, jelas pemasaran secara global lebih mudah terjangkau
  • Produk yang ditampilkan atau ditawarkan lebih bervariasi.

Dalam keberjalanannya, e-Commerce juga memiliki beberapa hambatan. Terutama dari pihak konsumen.

  • Lebih memilih toko konvensional
  • Kurangnya kepercayaan
  • Proses yang rumit
  • Berpotensi adanya penipuan
  • Takut kualitas barang yang buruk.

 

 

Delegasi :

1. Titan Abriansyah I.

2. Zolanda Anggraeni