Artikel

Selamat Hari Pramuka ke-54

  14 Aug 2015   277

Momentum


Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan non-formal yang bertugas untuk menyelenggarakan pendidikan karakter dalam  bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah yang dilakukan di alam terbuka. Pencetus gagasan sekaligus pendiri gerakan kepramukaan sedunia adalah Lord Robert Baden Powell yang lahir di Inggris pada tanggal 22 Februari 1857.

Baden Powell yang merupakan pensiunan tentara inggris menuangkan pengalamannya ke dalam bentuk tulisan pada tahun 1908. Kumpulan dari tulisan tersebut dibuat sebuah buku berjudul “Scout For Boys”. Buku inilah yang menginspirasi berdirinya organisasi yang semula hanya untuk laki-laki bernama Boys Scout. Organisasi kepramukaan untuk perempuan baru berdiri pada tahun 1912 atas bantuan Agnes yang merupakan adik Baden Powell.

Gerakan Pramuka di Indonesia dibentuk dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961 yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno, namun secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat umum pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX selaku ketua Kwarnas pertama. Sejak saat itu tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai hari pramuka di Indonesia dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX mendapat gelar sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Saat ini Gerakan Pramuka sudah sangat akrab di telinga pelajar Indonesia. Banyak sekolah yang mewajibkan siswa untuk mengikuti latihan kepramukaan disekolahnya. Hari ini Gerakan Pramuka Indonesia sudah mencapai umur ke – 54. Semoga melalui Gerakan Pramuka ini dapat terbentuk generasi penerus yang memiiliki karakter kuat dan budi pekerti yang luhur. Maju terus Praja Muda Karana Indonesia.

 

Oleh : Tim Jurnalis - #Mulki