Artikel

Xiaomi Luncurkan Sikat Gigi Pintar

  16 Jan 2018   286

Akademik


Hallo Informatics! Sejak tahun 2016 lalu, Xiaomi melalui sebuah startup Soocare Cassels terjun ke bisnis produk personal melalui sikat gigi elektrik yang dinamai Soocare X3(Soocas). Memasuki tahun yang baru, Xiaomi menghadirkan pula generasi baru yang lebih terjangkau, Soocas X3 Sonic Electric ToothBrush Lite Edition yang ditawarkan hanya $26 per unitnya.

Kendati tampil dengan rupa yang tak berubah dari model terdahulu, Soocas X3 Sonic Electric ToothBrush Lite Edition dibekali kapasitas baterai 800mAh yang lebih rendah ketimbang generasi pertama yang menawarkan baterai sebesar 1000mAh. Jeroan perangkat dihuni sebuah motor yang mempunyai output 230g.cm yang diklaim mempunyai daya ayun yang kuat sebanyak 37.200 kali dalam satu menit. Dengan pergerakan itu, sikat gigi Soocas X3 Sonic diklaim 180 kali lebih efisien dibandingkan sikat gigi manual yang rata-rata bergerak sekitar 100-200 kali per menit.

Tapi intensitas gosokan yang tinggi saja tidak cukup. Untuk memberikan rasa nyaman yang optimal, Xiaomi menunjuk perusahaan DuPont asal AS untuk memasok bulu sikat bagi perangkatnya. Bulu sikat tersebut diklaim memiliki ketipisan 0.152mm dengan rancangan tiga dimensi mengikuti kontur gigi sehingga sangat lembut dan aman digunakan dengan intensitas gosokan yang tinggi.

Pengguna perangkat nantinya dibekali aplikasi yang dapat menghubungkan perangkat dengan smartphone guna memantau kapasitas baterai dan parameter lainnya. Sayang belum ada informasi resmi kapan sikat gigi listrik murah tapi pintar ini segera dipasarkan.